CREATIVE THINKING TRAINING PROGRAM 

Setelah sekian waktu seseorang cenderung memiliki pola (pattern) tertentu berdasarkan pengalaman dan lingkungan dimana ybs berada, ada yang berkembang namun ada pula yang mandek..  Ibarat berkacamata kuda, maka cara-cara yang digunakan pun sudah sangat umum dan ‘biasanya’ sesuai format bentukan dari lingkungan tsb.  Akibat dari kuatnya bentukan format tsb., seseorang cenderung mengalami kesulitan dalam mencetuskan ide-ide baru baik untuk kebutuhan solusi atas problem maupun kebutuhan ide cemerlang untuk hal-hal yg lebih bernilai. 
Berpikir kreatif sangat dianjurkan sebagai pengayaan pribadi khususnya profesi Guru guna variasi cara penyampaian materi yang lebih efektif serta pengembangan minat dan bakat siswa.

TUJUAN PELATIHAN:
1.Idea generator,  menjadi pribadi yang penuh inisiatif dan kaya akan ide-ide cemerlang guna menciptakan sesuatu yang lebih bernilai.
2.Problem Solver, menjadi pribadi solutif yang berpikir bisa, optimis dan serba mungkin (possibility thinker) atas setiap permasalahan yang terjadi.  
3.Meningkatkan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

SYLLABUS:
Creative Thinking adalah sebuah pelatihan tentang apa dan bagaimana caranya (How To) menjadi kreatif, lebih kreatif dan kreatif terus menerus untuk selalu menghasilkan ide (idea generator) atau solusi yang tepat bagi setiap permasalahan (problem solving).
Bahwasanya kebutuhan dasar kreatif adalah Idea Generation dan Problem Solving yang dirangkum dalam “22 Creative Thinking Techniques” yang akan mendasari peyusunan materi secara keseluruhan. (*pembahasan setiap technique disesuaikan kebutuhan).

Content:

1.Profile dan Pattern (Pola)
Menggunakan beberapa alat test untuk mengenali pattern (pola) sebagai dasar untuk pengembangan kreatifitas selama dan setelah pelatihan. 

2.Change Management
Bagaimana mengelola perubahan, baik itu perubahan diri sendiri maupun perubahan lingkungan.

3.Personal Power
a.Mengenali potensi diri yang paling berharga yaitu ‘otak’ dan belajar bagaimana menggunakannya.
b.Bagaimana cara belajar yang efektif dgn aktivasi Visual, Auditory & Kinestetic

4.Yes I Can Attitude
Response reprogramming menjadi “Ya, Saya pasti bisa” sebagai salah satu sikap mental yang sangat dibutuhkan dalam kreatifitas.

5.What is creativity?
a.Resources: Your knowledge, expertise, and access to relevant information
b.Internal Motivation: Motivation from within, your need or passion to be creative 
c.Creative Thinking Skills: Your capacity to think outside the box and put existing ideas together in a new combination. 

6.How to be creative?
Penjelasan tentang “22 Creative Thinking Techniques” sebagai pengetahuan dasar dan penekanan pada beberapa technique yang lazim digunakan seperti: 
Left/Right Brain, Brainstorming, Association dan Mindmapping.

7.How to be an idea generator?
Bagaimana cara membuahkan ide-ide dengan mudah hingga ide-ide yang cemerlang secara terus menerus.

8.Innovation Team with CARE
Bagaimana membentuk sebuah team yg inovatif dengan konsep CARE (Creator, Advancer, Refiner, Executor + Facilitator)

9.How to be a creative problem solver
Belajar dan berlatih teknik Problem Solving terutama Problem Identification dan Root Cause Analysis (Fishbone dan 5-Why) guna membentuk pribadi yang solutif yang sarat dengan alternatif solusi. 

10.Decision Making
Bagaimana cara membuat keputusan dengan cepat dan tepat.